Bersepeda Itu Perluuu Bangeet,, ~_~``
Seperti Di tulis Ensiklopedia Columbia, nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Perancis. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda.
Yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat "primitif". Ada yang bilang tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang). Ada juga yang bilang sudah mengenal engkol dan setang, tapi konstruksinya dari kayu.
Adalah seorang Jerman bernama Baron Karls Drais von Sauerbronn yang pantas dicatat sebagai salah seorang penyempurna velocipede. Tahun 1818, von Sauerbronn membuat alat transportasi roda dua untuk menunjang efisiensi kerjanya. Sebagai kepala pengawas hutan Baden,ia memang butuh sarana transportasi bermobilitas tinggi. Tapi, model yang dikembangkan tampaknya masih mendua, antara sepeda dan kereta kuda. Sehingga masyarakat menjuluki ciptaan sang Baron sebagai dandy horse.
Baru pada 1839 Krick Patrick MacMillan, pandai besi kelahiran Skotlandia membuatkan "mesin" khusus untuk sepeda. Tentu bukan mesin seperti yang dimiliki sepeda motor, tapi lebih mirip pendorong yang diaktifkan engkol, lewat gerakan turun-naik kaki mengayuh pedal. MacMillan pun sudah "berani" menghubungkan engkol tadi dengan tongkat kemudi (setang sederhana).
Sedangkan ensiklopedia Britannica.com mencatat upaya penyempurnaan penemu Perancis, Ernest Michaux pada 1855, dengan membuat pemberat engkol, hingga laju sepeda lebih stabil. Makin sempurna setelah orang Perancis lainnya, Pierre Lallement (1865) memperkuat roda dengan menambahkan lingkaran besi di sekelilingnya (sekarang dikenal sebagai pelek atau velg). Lallement juga yang memperkenalkan sepeda dengan roda depan lebih besar daripada roda belakang.
Namun kemajuan paling signifikan terjadi saat teknologi pembuatan baja berlubang ditemukan, menyusul kian bagusnya teknik penyambungan besi, serta penemuan karet sebagai bahan baku ban Namun, faktor safety dan kenyamanan tetap belum terpecahkan. Karena teknologi suspensi (per dan sebagainya) belum ditemukan, goyangan dan guncangan sering membuat penunggangnya sakit pinggang. Setengah bercanda, masyarakat menjuluki sepeda Lallement sebagai boneshaker (penggoyang tulang).
Sehingga tidak heran jika di era 1880-an, sepeda tiga roda yang dianggap lebih aman buat wanita dan laki-laki yang kakinya terlalu pendek untuk mengayuh sepeda konvensional menjadi begitu populer. Trend sepeda roda dua kembali mendunia setelah berdirinya pabrik sepeda pertama di Coventry Inggris pada 1885. Pabrik yang didirikan James Stanley ini makin menemukan momentum setelah tahun 1888 Jhon Dunlop menemukan teknologi ban angin. Laju sepeda pun tak lagi berguncang.
Penemuan lainnya, seperti rem, perbandingan gigi yang bisa diganti-ganti, rantai, setang yang bisa digerakkan, dan masih banyak lagi makin menambah daya tarik sepeda. Sejak itu, berjuta-juta orang mulai menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, dengan Amerika dan Eropa sebagai pionirnya. Meski lambat laun, perannya mulai disingkirkan Mobil dan sepeda motor tetap punya pemerhati. Bahkan penggemarnya dikenal sangat fanatik.
Sepeda umumnya lebih di kenal sebagai alat transportasi yang sangat mudah kita temui dikehidupan kita sehari-hari. Selain untuk berolahraga,sepeda juga bisa di gunakan untuk berolahraga di pagi hari maupun di sore hari,,, ;).
Pada jaman dulu sudah ada sepeda, yang lebih di kenal dengan sebutan sepeda Kumbang atau sepeda Onthel. sekitar tahun 1970an sepeda ini banyak di gunakan,, berbagai ragam jenis. sepeda ini sangat unik untuk di lihat, mulai dari segi bentuk dan jenisnya.
Pada jaman sekarang sudah banyak jenis-jenis sepeda, mulai dari sepeda Mini yang biasa di gunakan oleh kaum hawa,, Bukan berarti sepeda ini bentuknya kecil, tetapi hanya sekedar nama untuk jenis sepeda ini.
Dan di jaman sekarang Lagi maraknya dengan sepeda yang bernama sepeda Fixie. sepeda ini sangat unik & Menarik bagi kalangan Muda. selain untuk berolahraga, sepeda ini juga bisa di pakai untuk gaya-gayaan bagi komunitas sepeda yang ada di daerah kita masing-masing,.
Bukan sepeda Fixie namanya kalo sepeda ini tidak mahal harganya, sepeda ini harganya mencapai sekitar 15.000.000 sampai 20.000.000 rupiah. Tidak heran bagi masyarakat yang mempunyai perekonomian yang di atas rata-rata. Jadi siap-siap aja bagi untuk merogoh kocek dalam-dalam bagi yang ingin membeli atau yang ingin mempunyai sepeda jenis Fixie ini.
Dengan mahalnya sepeda jenis Fixie ini,,, Kita juga bisa merakitnya sendiri.mulai dari membeli satu persatu bahan-bahan yang ingin kita rakit menjadi sebuah sepeda Fixie. Mulai dari setang sepeda, Batangan, Pelex,dan ban sepedaNya,dll.
Jenis-Jenis Sepeda :)
Kini sepeda mempunyai beragam nama dan model. Pengelompokan biasanya berdasarkan fungsi dan ukurannya.
- Sepeda Gunung -digunakan untuk lintasan off-road dengan rangka yang kuat, memiliki suspensi, dan kombinasi kecepatan sampai 27.
- Sepeda Jalan Raya-digunakan untuk balap jalan raya, bobot keseluruhan yang ringan, ban halus untuk mengurangi gesekan dengan jalan, kombinasi kecepatan sampai 27
- Sepeda BMX merupakan kependekan dari bicycle moto-cross, banyak digunakan untuk atraksi
- Sepeda mini-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda anak-anak, baik beroda dua maupun beroda tiga
- Sepeda angkut-termasuk dalam kelompok ini adalah sepeda kumbang, sepeda pos
- Sepeda Lipat-merupakan jenis sepeda yang bisa dilipat dalam hitungan detik sehingga bisa dibawa ke mana-mana dengan mudah
- Sepeda Balap - Sepeda yang model handlernya setengah lingkaran dan digunakan untuk balapan.
Jadi,,,,,, ;) sekarang tergantung pada Pilihan anda Masing-masing , Ingin memilih bersepeda yang bagaimana. Bersepeda sangatlah menyenangkan dan tidak membosankan bagi yang menggunakannya,,,,
Mulailah Bersepeda,, karena Bersepeda sangat MenyehatKan Bagi Kita semuaaaaaaaa,,,,, :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar